Komunikasi? Kok di Institut Pertanian ?

Halo, semua!

setelah lama terjebak dalam draft, akhirnya saya mempublikasikan tulisan ini. sebelumnya, ini hanya ‘pandangan’ saya sebagai lulusan dari departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB. pendapat orang akan berbeda-beda 🙂

IMG_0928.JPGSaya Wulan Mustika, (mantan) mahasiswa Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) Institut Pertanian Bogor angkatan 49. angka 49 berarti IPB telah berusia 49 tahun ketika saya masuk tahun 2012. dulu saya masuk lewat ujian SNMPTN Tulis (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, sekarang dikenal dengan SBMPTN atau dulu SPMB). selalu saya tekankan, masuk universitas terbaik ke-3 se-Indonesia versi DIKTI (th. 2016) ini adalah KEAJAIBAN. bagi saya lulusan SMK teknik komputer dan jaringan yang tidak akrab dengan biologi, masuk PTN melalui SNMPTN Tulis IPA itu sangat sulit.

Kenapa Komunikasi? di IPB?

sejujurnya, KPM adalah pilihan ke-dua saya setelah prodi Ilmu Komputer. tapi, garis takdir membuat saya lulus di jurusan KPM. sederhana alasannya: saya ingin kuliah dekat dengan orang tua di Jakarta dan murah. biaya kuliah dan hidup di IPB memang terbilang murah, sehingga saya sangat senang bisa tinggal di Dramaga, Bogor. dengan harga kost sekitar 5jt-6jt pertahun sudah berisi kasur, lemari dan meja belajar yang cukup untuk saya tinggali. biaya makan terjangkau, karena IPB Dramaga jauh dari keramaian.

Belajar apa di sana?

ya banyak, ilmu komunikasi tentunya. tapi selain itu juga sosiologi pedesaan, ilmu kependudukan, psikologi sosial, lembaga dan kepemimpinan, politik, ekologi, serta pertanian. saya harus mengambil 5 mata kuliah tambahan (minor) dari jurusan lain, dan saya memilih minor agronomi dan hortikultura. berbeda dengan ilmu komunikasi murni, kami banyak belajar mengasah kepekaan terhadap kondisi sosial di pedesaan sehingga penelitian yang kami lakukan lebih banyak di daerah pedesaan, baik pegunungan maupun pesisir.

menyenangkan, sekaligus melelahkan. tiap akhir semester kami pasti melakukan kuliah di lapang (biasa KPM sebut turun lapang) ke desa-desa sekitar kampus. menginap beberapa hari dan melakukan observasi. bisa tentang konflik, kepemimpinan, ekonomi dan berbagai aspek sosial lainnya.

jika kamu masih sekolah, tolong lupakan bayangan kuliah seperti di FTV. saya pribadi kadang kewalahan dengan banyaknya tugas, paper, kuis, resume dan project kelompok. UTS dan UAS yang satu soal bisa menghabiskan tinta satu pulpen, atau materi pra responsi yang berpuluh-puluh lembar, kadang berbahasa inggris. menonton film di bioskop, kemudian dianalisis. sudahlah, menyenangkan jadi anak KPM. sungguh…

tidak jarang, saya melihat rekan-rekan sejurusan saya sudah bolak-balik luar negeri untuk mengikuti berbagai ajang perlombaan ilmiah, mereka bukan hanya pintar, tapi luwes dalam kehidupan organisasi dan akademik. tidak jarang pula, jurusan kami yang sebagian besar perempuan cantik, dicibir oleh mahasiswa fakultas lain yang menganggap kami jago dandan tapi tak berotak atau sekedar gaya-gayaan setiap ke kampus. saya sih, senyum saja. mereka yang ambil mata kuliah kita banyak kok yang dapat nilai C. hehehe. bagi kalian yang masih berpikiran seperti itu, kita sudah punya porsi keilmuan masing-masing ya. saya juga kalau ambil mata kuliah departemenmu pasti nilainya jelek hehe

seperti mahasiswa komunikasi pada umumnya, kami suka sekali berdiskusi. contohnya saya dan teman-teman satu organisasi yang bisa menghabiskan banyak waktu untuk membahas banyak hal. dari mulai kebijakan kampus, pro dan kontra pemilihan presiden, karakter teman-teman yang lain, kesehatan, fenomena hits di kampus, musik, bahkan mengupas masalah-masalah pribadi. sekarang saya tahu, hal itu membuat kami melatih diri untuk lebih peduli terhadap kondisi sekitar. jadi sebenarnya kami sama seperti komunikasi lain, tapi tetap bersentuhan dengan dunia pertanian

saya yakin, di manapun kita belajar tanpa memandang jurusan apa, universitas mana, IPK berapa, dulu pernah berprestasi sebanyak apa, kita tetap menjadi ‘the agent of change’ untuk Indonesia. jadi, tetap semangat mengukir prestasi 🙂

 

salam,

Wulan Mustika

Leave a Reply

